CLARET, LIDIA MARIA (2022) PERSEPSI MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN TINGKAT 3 TENTANG PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (LIDIA MARIA CLARET)
NASKAH PUBLIKASI-LIDIA MARIA CLARET.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (LIDIA MARIA CLARET)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
LIDIA MARIA CLARET. “Persepsi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat 3 Tentang Penggunaan E-learning Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022”. Latar Belakang: PBL di STIKES Bethesda yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi secara e-learning sejak pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap 6 mahasiswa, 5 mahasiswa menyatakan PBL secara e-learning kurang efektif daripada PBL tatap muka karena banyak gangguan teknis. Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa tentang model pembelajaran PBL di STIKES Bethesda yang dilaksanakan secara e-learning. Metode: Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi penelitian yakni mahasiswa Sarjana Keperawatan Reguler tingkat 3 STIKES Bethesda yang berjumlah 101 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 6 partisipan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan analisis data menggunakan metode Colaizzi. Hasil: Penelitian ini memperoleh 6 tema yakni pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan PBL secara e-learning/online, hambatan dalam pelaksanaan PBL secara e-learning/online, upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan PBL secara e-learning/online, kelebihan PBL yang dilaksanakan secara e- learning/online, kekurangan PBL yang dilaksanakan secara e-learning/online, dan harapan mahasiswa untuk pelaksanaan PBL kedepannya. Kesimpulan: Mahasiswa berpendapat bahwa PBL secara e-learning memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas namun menyulitkan mahasiswa dalam memahami materi. Saran: Peneliti selanjutnya hendaknya fokus meneliti variabel lain untuk dianalisis seperti hambatan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan PBL secara e-learning. Kata Kunci: Persepsi – Problem Based Learning – E-Learning xiv + 75 Hal + 1 Tabel + 2 Skema + 11 Lampiran Kepustakaan: 50, 2012-2021
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi – Problem Based Learning – E-Learning |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Twista Rama Sasi |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 07:14 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 07:14 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2337 |
Actions (login required)
View Item |