HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BETHESDA WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2022

TRINARIA, FARINDIKA (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BETHESDA WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
FARINDIKA TRINARIA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FARINDIKA TRINARIA)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Hasil studi pendahuluan pada bulan Juli-September 2021 jumlah kunjungan pasien rawat jalan di poliklinik spesialis mengalami penurunan. Bulan Juli ke Agustus turun 480 kunjungan. Hal ini karena persaingan antar RS semakin ketat dan pasien semakin selektif dalam memilih pelayanan. RS Bethesda Wonosari yang terletak di tengah kota dalam perkembangannya hadir beberapa RS swasta lain sebagai kompetitor. Tujuan : Mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan di RS Bethesda Wonosari. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian correlation dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada September 2022 dengan populasi 1.754 dan sampel 289 menggunakan teknik Accidental Sampling. Batas toleransi kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan closed ended question. Uji validitas dengan Perason Product Moment. Penilaian reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Hasil : Karakteristik responden berdasarkan usia paling banyak berusia 26-45 tahun (33,9%), berdasarkan jenis kelamin laki-laki (65,1%), tingkat pendidikan terbanyak Perguruan Tinggi/Akademi (35,3%), pendapatan paling banyak >Rp2.500.000 (46,7%), jarak dengan RS paling banyak 5-15Km (52,6%) dan memiliki dokter favorit (82,4%). Responden menyatakan mutu pelayanan baik (45,7%). Responden minat memanfaatkan ulang pelayanan di RS Bethesda Wonosari (57,4%). Kesimpulan : Hasil uji bivariat H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan di RS Bethesda Wonosari. Correlation coefficient bernilai positif sebesar 0,467 dan arah hubungan kedua variabel linier dengan tingkat hubungan cukup. Kata Kunci : Mutu Pelayanan - Minat - Rawat Jalan XIX + 108 halaman + 14 tabel + 2 skema + 20 lampiran Kepustakaan : 29, 2008-2021

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan; Minat; Rawat Jalan
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.6 Organisasi, Manajemen Profesi
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:11
Last Modified: 19 Jan 2024 08:11
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item