TRINARIA, FARINDIKA (2022) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BETHESDA WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (NASKAH PUBLIKASI)
FARINDIKA TRINARIA.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text (FARINDIKA TRINARIA)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Hasil studi pendahuluan pada bulan Juli-September 2021 jumlah kunjungan pasien rawat jalan di poliklinik spesialis mengalami penurunan. Bulan Juli ke Agustus turun 480 kunjungan. Hal ini karena persaingan antar RS semakin ketat dan pasien semakin selektif dalam memilih pelayanan. RS Bethesda Wonosari yang terletak di tengah kota dalam perkembangannya hadir beberapa RS swasta lain sebagai kompetitor. Tujuan : Mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan di RS Bethesda Wonosari. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian correlation dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada September 2022 dengan populasi 1.754 dan sampel 289 menggunakan teknik Accidental Sampling. Batas toleransi kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan closed ended question. Uji validitas dengan Perason Product Moment. Penilaian reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Hasil : Karakteristik responden berdasarkan usia paling banyak berusia 26-45 tahun (33,9%), berdasarkan jenis kelamin laki-laki (65,1%), tingkat pendidikan terbanyak Perguruan Tinggi/Akademi (35,3%), pendapatan paling banyak >Rp2.500.000 (46,7%), jarak dengan RS paling banyak 5-15Km (52,6%) dan memiliki dokter favorit (82,4%). Responden menyatakan mutu pelayanan baik (45,7%). Responden minat memanfaatkan ulang pelayanan di RS Bethesda Wonosari (57,4%). Kesimpulan : Hasil uji bivariat H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan di RS Bethesda Wonosari. Correlation coefficient bernilai positif sebesar 0,467 dan arah hubungan kedua variabel linier dengan tingkat hubungan cukup. Kata Kunci : Mutu Pelayanan - Minat - Rawat Jalan XIX + 108 halaman + 14 tabel + 2 skema + 20 lampiran Kepustakaan : 29, 2008-2021
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan; Minat; Rawat Jalan |
Subjects: | 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 610.6 Organisasi, Manajemen Profesi |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Yohana Adriani, A.Md |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 08:11 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:11 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2190 |
Actions (login required)
View Item |