PASARIBU, KEVIN PAUL (2022) PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA SARJANA DANDIPLOMA 3 KEPERAWATAN ANGKATAN 2020 DALAM MENGIKUTIPERKULIAHAN ONLINE DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (KEVIN PAUL PASARIBU)
NASKAH PUBLIKASI-KEVIN PAUL PASARIBU.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (KEVIN PAUL PASARIBU)
HAALAMAN DEPAN.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Kevin Paul Pasaribu. “Perbedaan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa Sarjana dan Diploma 3 Keperawatan angkatan 2020 dalam mengikuti perkuliahan online di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2022” Latar Belakang: Pembelajaran daring dapat mengakibatkan emosi yang tidak stabil dan kegembiraan/keceriaan pada mahasiswa menjadi menurun. Ketidakstabilan sistem emosi dapat menimbulkan konflik dengan orang disekitarnya di dalam rumah dan tidak baik apabila dibiarkan secara terus-menerus. Fenomena di lokasi penelitian, mahasiswa merasakan kesulitan untuk memahami materi, merasa bosan dan stress, merasa sedih karena tidak bertatap muka secara langsung, merasa tertekan dengan tugas-tugas yang diberikan. Hubungan dengan orang lain menjadi terganggu karena menjadi lebih mudah emosi dengan orang lain. Tujuan: Mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa Sarjana dan Diploma 3 Keperawatan angkatan 2020 dalam mengikuti perkuliahan online di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2022. Metode: Desain dalam penelitian ini menggunakan desain komparatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Mann-Whitney secara komputerisasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 84.8% responden mahasiswa Sarjana memiliki kecerdasan emosional sedang dan 87.9% responden mahasiswa Diploma 3 memiliki kecerdasan emosional sedang. Didapatkan nilai p value sebesar 0,837 yang berarti H0 diterima. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa Sarjana dan Diploma 3 Keperawatan Angkatan 2020. Saran: Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan untuk untuk meneliti tentang faktor- faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional. Kata kunci: Kecerdasan Emosional – Pembelajaran Online xvi + 85 hal + 9 tabel + 2 skema + 11 lampiran Kepustakaan: 65, 2013 - 2022
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional – Pembelajaran Online |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Twista Rama Sasi |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 00:54 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 00:54 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/2331 |
Actions (login required)
View Item |