KATODA, MARIA DELSIANA BILI (2023) HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN EFEKTIVITAS METODE E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
|
Text (MARIA DELSIANA BILI KATODA)
NASKAH PUBLIKASI-Maria Delsiana Bili Katoda_1903021.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (MARIA DELSIANA BILI KATODA)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
MARIA DELSIANA BILI KATODA. “Hubungan Kecemasan Dengan Efektivitas Metode E-learning Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022”. Latar Belakang: Ansietas merupakan perasaan takut akan terjadinya sesuatu. Tekanan dan stress saat pembelajaran jarak jauh dapat menimbulkan kecemasan. E- learning adalah pembelajaran konvensional yang dituangkan dalam format digital melalui teknologi internet. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada 15 mahasiswa selama kuliah daring, 4 diantaranya menyukai metode elearning dikarenakan bisa dekat dengan orang tua, lebih percaya diri menyampaikan pendapat, namun 11 orang kurang menyukai dikarenakan materi tidak dimengerti, metode pembelajaran yang full time pagi sampai sore. Mahasiswa juga terkendala oleh sinyal, gangguan listrik, materi yang diberikan kurang dipahami, tugas yang diberi dirasa banyak dan seringkali kurang fokus. Tujuan: Mengetahui hubungan kecemasan dengan efektivitas metode e-learning Sebagai media pembelajaran mahasiswa keperawatan STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta. Metode: Deskriptif kuantitatif, desain observasional analitik korelasional cross sectional. Teknik sampel: purposive sampling, jumlah sampel 50, uji statistik korelasi:chi-square.Alat ukur kecemasan skala HARS, alat ukur efektivitas metode e-learning kuisoner. Hasil: Hasil penelitian uji chi square ditemukan P-value 0,073 > α 0,05, maka bisa disimpulkan H0 di terima dan Hα di tolak. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara kecemasan dengan efektifitas Metode e- learning sebagai media pembelajaran mahasiswa keperawatan STIKES Bethesda YAKKUM. Saran: Pengembangan e-learning diharapkan tidak hanya sebagai sarana dan sumber belajar, namun diharapkan mempermudah proses belajar mengajar tanpa terikat waktu dan tempat. Kata Kunci: Kecemasan – e-learning media pembelajaran xvii + 136 hal + 13 tabel + 3 skema + 15 lampiran Kepustakaan: 42, 2010-2022
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan – e-learning media pembelajaran |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) |
Divisions: | Prodi Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | Twista Rama Sasi |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:33 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 03:33 |
URI: | http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/3089 |
Actions (login required)
View Item |