HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ONLINE ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUMAHAN JATISAWIT ASRI, BALECATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2021

PERMATASARI, CORNELIA (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ONLINE ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERUMAHAN JATISAWIT ASRI, BALECATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2021. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
CORNELIA PERMATASARI.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (CORNELIA PERMATASARI)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

CORNELIA PERMATASARI. “Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Online Anak Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Perumahan Jatisawit Asri, Balecatur, Sleman, Yogyakarta Tahun 2021” Latar belakang: Pada kasus COVID-19 di Indonesia yang semakin bertambah sehingga pemerintah membuat peraturan bahwa dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dukungan orang tua dapat membantu anak lebih fokus untuk mengikuti pembelajaran dan mendorong anak untuk dapat mencoba hal baru dalam metode pembelajaran yang baru. Menurut data UNESCO ditemukan terdapat sebanyak 85% orang tua yang mengaku bahwa anak mengalami kendala dan 22% orang tua yang tidak dapat menyediakan fasilitas untuk anak dalam mengikuti belajar secara online karena memiliki anak lebih dari 1. Tujuan: Mengetahui apakah ada hubungan antara Dukungan orang tua dengan motivasi belajar online anak pada masa pandemi COVID-19 Tahun 2021. Mengetahui berapa persen motivasi belajar online anak, mengetahui berapa persen dukungan orang tua, mengetahui kerakteristik jenis kelamin orang tua, pekerjaan orang tua, pendidikan orang tua, pendidikan anak dan berapa saudara kandung anak. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dengan pendekatan Cross Sectional dan pengambilan sampel menggunakan total population dengan responden berjumlah 40 orang. Hasil: Uji Spearman-Rank didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Dukungan Orang Tua dengan kategori tinggi sebesar 55% dengan Motivasi Belajar Online Anak dengan kategori sedang sebesar 72,5% dengan nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05. Kesimpulan: Terdapat Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Online Anak di Perumahan Jatisawit Asri, Balecatur, Sleman, Yogyakarta tahun 2021. Saran: Diharapkan penelitian dapat dikembangkan dengan jumlah populasi yang lebih luas dan dapat menggunakan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar anak. Kata Kunci: COVID-19 - Dukungan Orang Tua - Motivasi Belajar Online Anak Isi = 62 lembar – 15 lampiran – 12 tabel – 2 skema Daftar Pustaka = 31, 2011 - 2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19; Dukungan Orang Tua; Motivasi Belajar Online Anak
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:00
Last Modified: 15 Mar 2023 07:00
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/1454

Actions (login required)

View Item View Item