HUBUNGAN PENERAPAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT PALANG BIRU KUTOARJO TAHUN 2022

RAHAYU, ANI PUJI (2022) HUBUNGAN PENERAPAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT PALANG BIRU KUTOARJO TAHUN 2022. Skripsi thesis, STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NASKAH PUBLIKASI)
ANI PUJI RAHAYU.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANI PUJI RAHAYU)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANI PUJI RAHAYU. “Hubungan penerapan sasaran keselamatan pasien dengan kepuasan pasien selama masa pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo”. Latar Belakang: Rumah sakit bertujuan mengutamakan pelayanan kesehatan yang aman. Hasil studi pendahuluan yang didapatkan peneliti dari data laporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) tahun 2021 di RS Palang Biru Kutoarjo terdapat 63 kasus. Kategori kejadian tersebut antara lain petugas tidak melakukan identifikasi sesuai prosedur sebanyak 33,33%, yang berakibat salah dalam pemberian obat sebanyak 26,9%, salah pemberian diet sebanyak 14,2% dan adanya resiko jatuh sebanyak 25,3%. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk hubungan penerapan keselamatan pasien dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo. Metode: Desain yang digunakan adalah penelitian korelasi kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Sampel sebanyak 93 pasien rawat inap dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner kepuasan pasien dan IPSG. Hasil: Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien kategori tinggi sebanyak 85 responden (91.4%). Kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak 81 responden (87.1%). Ada hubungan antara penerapan keselamatan pasien dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo dengan p=0,000. Kesimpulan: Keeratan hubungan variabel penerapan keselamatan pasien dengan kepuasan pasien dalam kategori tingkat hubungan sedang dengan r hasil sebesar 0.494. Saran: Bagi perawat untuk meningkatkan penerapan keselamatan pasien sehingga kepuasan pasien maksimal. Kata Kunci: Penerapan sasaran keselamatan, pasien, Kepuasan, pandemic Covid-19 xiv + 67 hal + 9 tabel + 16 lampiran + 2 skema Kepustakaan: 38, 2008-2016

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan sasaran keselamatan; pasien; Kepuasan; pandemic Covid-19
Subjects: 600 Teknologi > 610 Ilmu Kedokteran > 613 Kesehatan Umum dan Perorangan > 613.6 Topik-topik khusus; keamanan pribadi, kesehatan industri, kesehatan pekerjaan, bela diri, kesehatan militer,kesehatan perjalanan, penyelamatan sesudah bencana
Divisions: Prodi Sarjana Keperawatan
Depositing User: Yohana Adriani, A.Md
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:46
Last Modified: 19 Jan 2024 08:46
URI: http://repo.stikesbethesda.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item